Rabu, 10 Maret 2010

Obat Tetes Air Mata Buatan dan Glaucoma

Obat Tetes Air Mata Buatan ada 2 (dua) macam kemasan:

Obat Tetes Air Mata Buatan Steril kemasan 0,6 ml, kira-kira bisa untuk 10 tetes (cukup 1 tetes per mata, jangan 2 tetes. Pemborosan! Bagaimana kalau sampai meluber? Meluber berarti mata sudah cukup basah, jadi jangan ditambahi 1 tetes lagi).
Maksudnya Steril adalah Tanpa Pengawet dan dikemas kecil-kecil @ 0,6 ml, supaya 1 atau 2 hari sudah habis. Dipakai untuk mata yang sudah teriritasi (Panas atau Perih atau Gatal) dan kalau sudah tidak iritasi bisa menggunakan Obat Tetes Air Mata Buatan Botolan.
Paling Murah merek Cendo Lyteers (buatan RS Mata terbaik di Bandung, Indonesia dan Asia Tenggara). Harganya -/+ Rp. 20.000,- untuk strip isi 5 @ 0,6 ml.

Obat Tetes Air Mata Buatan Botolan sebenarnya Steril juga, ketika dikemas di pabrik. Karena isi botol cukup banyak, maka isinya tidak akan habis dalam 1 atau 2 hari dan karenanya diberi Pengawet. Walaupun telah diberi Pengawet, isi botol hendaknya dihabiskan dalam waktu 1 (satu) bulan, setelah tutup dibuka.
Untuk penggunaan terus menerus gunakan yang Botolan saja (bila mata tidak iritasi). Sehari 3X sampai 4X biasanya sudah cukup. Jika merasa kurang tentunya frekuensi penetesan dapat ditambah dan bukannya menambah jumlah tetesnya tiap kali dilakukan penetesan. Jadi melakukan penetesan 6X 1 tetes jauh lebih baik daripada 3X 2 tetes.
Dalam melakukan penetesan jangan telat-telat sampai mata perih (sudah mulai teriritasi kembali) yang mengharuskan kita untuk sementara memakai yang Steril lagi (0,6 ml atau 2X 0,6 ml sudah cukup).
Paling Murah merek Rohto Tears (lisensi Jepang) Rp. 8.190,- untuk 10 ml di Giant Department Store. Berturut-turut dengan harga yang relatif sama, tetapi dengan volume yang lebih sedikit adalah Insto Moist (7,5 ml) dan Visine Tears (6,0 ml).
Bagi yang memakai Contact Lens harus konsultasi dengan Dokter Mata terlebih dahulu, karena Pengawet Benzalkonium Chloride dan pengawet lainnya dapat mengendap pada contact lens.

Jangan menggunakan Obat Tetes Mata untuk Mata Merah sebagai Pelumas Pengganti Air Mata Buatan, karena Obat Tetes Mata untuk Mata Merah bekerja menyempitkan pembuluh darah mata, sehingga mata merah menjadi terlihat putih. Penggunaan terus menerus dapat mengakibatkan mata kekurangan Oksigen.
Mata Kering sebenarnya Mata Sehat hanya Kurang Pelumas.

Ciri-ciri Mata Kering adalah Panas atau Perih atau Gatal berkelanjutan untuk jangka waktu 1 (satu) bulan atau lebih terus menerus muncul tidak muncul tidak, apalagi jika sudah muncul pada pagi hari padahal belum banyak membaca misalnya. Umur 50 tahun ke atas dapat dicurigai mengalami mata kering. Dapat muncul lebih dini bagi pengguna contact lens dan mereka yang terus menerus terpapar AC. Diagnosa yang pasti hanya oleh Dokter Mata.
Mata dapat juga terasa Panas atau Perih, jika bulu mata salah tumbuh masuk ke dalam mengilik-ngilik mata. Kasus ini juga harus dibenahi oleh Dokter Mata. Bulu Mata tidak boleh dicabut, tetapi hanya boleh dibakar oleh Dokter Mata.
Mata terasa berair sebelah juga bisa disebabkan oleh mata kering. Lo kok bisa??? Terasa berair bukan berarti berair. Itu perasaan kita saja. Karena mata kering, maka mata berusaha mengeluarkan lebih banyak air mata dan hal ini yang menyebabkan mata terasa berair; Kalaulah benar air matanya keluar, maka komposisi air mata tersebut sudah tidak tepat lagi, karena dipaksa keluar padahal produksi sudah tidak sempurna. Perlu penambahan Air Mata Buatan. Tetapi mengapa yang terasa hanya sebelah? Sebenarnya dan biasanya kedua bola mata telah mulai kering, hanya saja salah satu dapat lebih parah dari yang lainnya dan bola mata yang lebih sensitiflah yang biasanya merasakan duluan. Jadi penambahan Air Mata Buatan harus pada kedua belah mata sekaligus.

Sejauh ini tidak ada hubungan yang significant antara Glaucoma dengan ObatTetes Air Mata Buatan Berpengawet, kecuali kita adalah Glaucoma Suspect. Senyawa Borat diperkirakan berpengaruh pada Glaucoma Suspect, karenanya pencuci mata Boorwater (senyawa Borat) sekarang ini juga sudah tidak digunakan lagi.
Glaucoma Suspect: Jika di antara keluarga sedarah ada yang terkena Glaucoma, maka kita harus rutin memeriksakan tensi/tekanan bola mata kita setidaknya setahun sekali. Adik atau Kakak Kandung yang terkena Glaucoma harus membuat kita lebih waspada dibandingkan misalnya salah satu orang tua kita yang terkena Glaucoma (resesif).
Hereditas atau Keturunan mempengaruhi bentuk bola mata kita dan mungkin juga Glaucoma.

Tambahan:
Setelah berbulan-bulan saya dapat menyimpulkan bahwa:
Visine Tears paling jelek menetesnya. Ingin satu tetes saja bisa menetes sampai dua tetes (Pemborosan).
Insto Moist paling baik menetesnya. Menetes dengan baik dan tetesannya kecil/sedikit.
Kalau menggunakan Visine Tears dan Insto Moist kadang-kadang masih sering perih.
Yang Paling Nyaman Rohto Tears dan hingga sekarang tidak pernah merasa perih. Tetesan Rohto Tears juga cukup baik, walaupun tidak sekecil/sesedikit Insto Moist.

Update-1 25 Nopember 2011:
Sudah lebih dari 2 tahun saya terus menerus menggunakan Rohto Tears dan sudah 2 kali saya ke dokter mata (setahun sekali) untuk kontrol Dioptri dan kemungkinan adanya Katarak. Selama ini tidak ada keluhan apalagi sampai ketergantungan terhadap pemakaian Obat Tetes Air Mata Buatan Botolan (Ini kan bukan Narkoba). Penggunaannya yaa memang harus terus menerus, kan produksi Air matanya sudah berkurang. Hal ini ibarat Air Ludah yang makin sedikit dan makin kental pada orang yang semakin tua, karenanya yaa perlu kontrol setengah tahun sekali untuk dibersihkan Karangnya. Jadi jangan tunggu sampai sakit gigi atau goyah semua lalu ompong, baru ke dokter.

Saya membeli Rohto Tears sekaligus 12 botol (1 lusin) Rp.78.000,- atau kalau diecer Rp.7.500,- per botol.

2 komentar:

  1. kalo yg botolan (ada pengawetnya) bisa menyebabkan ketergantungan nggak?
    Makasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf banget baru dibalas sekarang, soalnya sibuk dengan hal lain.

      Yaa dak ada ketergantungan, kan obat tetes air mata buatan berpengawet itu memang dibuat untuk dipakai dalam jangka panjang dan hal ini juga direkomendasikan dokter lo.

      Saya sendiri sampai sekarang masih pakai Rohto Tears dan kalau pergi sampai kelupaan bawa yaa tidak apa-apa, hanya mata terasa tidak enak. Pulang, ditetesi dan satu jam kemudian ditetesi lagi, beres deh. Tapi kalau pergi usahakan bawa.

      Hapus