Kamis, 26 Februari 2015

Sinusitis perlu tes alergi murah

Tahun 2014 awal ketika hujan terus menerus saya terkena sinusitis. Ke dokter THT, karena tak sembuh-sembuh, maka di kultur dan ketemu bakteri dan obat antibiotiknya yang masih sensitif (mempan).

Di tahun 2015 awal ini saya kena sinusitis lagi, tetapi karena tidak parah dan hanya terjadi sewaktu-waktu, maka saya pikir pasti bukan karena bakteri, tetapi karena alergi. Saya duga alergi dingin, tetapi kata dokter tidak ada cara untuk mengetahui seseorang alergi dingin atau tidak.

Berhubung saya mau tahu saya ini sebenarnya alergi apa saja, maka saya tes alergi yang murah saja di RS Boromeus seharga Rp 329.000,- untuk 35 titik. Untuk yang lebih banyak titik, termasuk logam dan sebagainya, bisa lebih dari 100 titik dan biayanya di atas Rp 1 juta. Di Laboratorium Klinik harganya di atas Rp 1 juta untuk sekitar 40 titik. Mahal!!! Jika mau lengkap bisa di Laboratorium Alergi UI/RSCM.
Tes di RS Boromeus ini cukup lengkap untuk orang Indonesia, terdiri dari 6 bagian:
A. Sebagai kontrol
B. Debu Rumah, termasuk tungau
C. Tepung sari
D. Jamur
E. Bulu-buluan
F. Makanan, ada 21 macam
Hasilnya ternyata mengagetkan saya, saya alergi terhadap nanas, walaupun tidak parah. Selama ini, kalau makan nanas yaa tenggorokannya gatal, setengah jam didiamkan yaa hilang sendiri. Menurut orangtua makan nanas yaa gatal, ternyata itu alergi, berarti ada yang makan nanas belum tentu gatal. Kedua jamur, saya pikir karena saya memang baru saja makan jamur, ternyata ini adalah jamur yang ada di rumah kita, menurut pemeriksa karena jendelanya jarang dibuka, jadi tidak ada sirkulasi udara (kan hujan). Jadi terjawab sudah mengapa saya kadang-kadang sinusitis, ternyata alergi jamur (lembab).

Saya sendiri sebenarnya suka gatal-gatal kalau makan apel dan ternyata tes di RS Boromeus tidak ada apel, karena apel kan makanan bule, jadi di tes tersebut tidak ada anggur, plum, kiwi dan kalkun (yang ini unggas lho). Tes untuk logam juga sebenarnya tidak perlu, kan kita tidak makan logam dan saya sebenarnya sudah tahu kalau saya alergi logam, jadi kalau pakai jam tangan dengan gelang logam, maka saya gatal-gatal. Belum pernah pakai yang emas, karena mahal dan takut dirampok.

Jadi kalau dana tidak menjadi kendala, maka saya pikir tes alergi itu perlu, karena kita tak bisa main tebak-tebakan. Misalnya alergi terhadap tepung sari, itu macam-macam, tepung sari rumput-rumputan, tepung sari padi dan tepung sari jagung. Kalau alergi tepung sari padi yaa sebaiknya jangan jualan beras. Dan misalnya alergi terhadap bulu-buluan, kalau alergi terhadap bulu kucing bukan berarti alergi juga terhadap bulu anjing. Yang repot adalah kalau alergi terhadap bulu orang (human dander). Ini serius lo, makanya jangan senang dulu kalau punya banyak bulu, karena bisa menyebabkan orang lain alergi.

Untuk tes alergi perlu persiapan 3 (tiga) hari, jangan minum obat anti alergi 3 hari sebelum tes alergi, juga jangan minum obat flu/batuk apapun 3 hari sebelum tes alergi dan sebelum tes alergi boleh mandi dulu supaya wangi, tetapi sesudahnya lengan dan punggung jangan diberi lotion, bedak, pewangi dan sebagainya.

2 komentar:

  1. Om Sarwa, salam kenal..
    Beberapa bulan trakhir, istri mengalami reaksi alergi yg mengganggu..
    Tiap ke dokter cm dibilang alergi lalu dikasih obat, klo minum ya reaksi berkurang, tapi ngantuk, jadi jarang diminum..

    Barusan sayahub rs.borromeus bandung, kata perawat hanya ada 2 macam tes alergi: tes total (hanya ketauan alergi ato nggak) ini 295rb an. Sama tes atopik + makanan ini 2,2juta..

    Mohon pencerahan om, kalo mau cek alergi yg seperti om, gimana ya prosesnya? Apa mesti ketemu dokter dulu (lagi)?

    Matur suwun...
    Al

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf banget baru dibalas sekarang, tetapi semoga masih dapat bermanfaat. Alergi itu sifatnya segera, hanya beberapa menit setelah kontak dengan alergen, maka timbul gejala alergi, Tidak semua gatal-gatal itu alergi, terkena diabetespun bisa gatal-gatal. Hamilpun bisa gatal-gatal, demikian juga stress. Cukup lakukan seperti yang saya lakukan, bayar murah dulu. Nanti kan ketahuan alerginya ringan, sedang atau berat. Saya tidak pakai rujukan dokter, tetapi bilang ada diabetes dan mau tahu apakah gatel-gatelnya karena diabetes atau alergi. Coba saja ke Ruang 12A, setelah Ruang 12.

      Hapus