Kamis, 05 Februari 2015

Siaran TV Digital Full HD

Siaran TV Digital sudah saya coba di Jakarta  (Bekasi) dan Bandung. Ternyata di Bandung lebih baik, hal ini mungkin karena di Bekasi sudah banyak gedung-gedung. Siaran TV Digital sangat dipengaruhi oleh adanya hambatan. Yang terjelek, hanya dapat nama TVnya, kemudian dapat nama TVnya dan juga suaranya saja. Yang terbaik yaa dapat gambarnya juga. Gambarnya bening lebih baik dari DVD, tetapi saya lebih salut sama suaranya, karena bisa stereo, tetapi jauh lebih bagus daripada TV Analog. Pada TV Analog suara stereonya, kadang hilang kadang timbul. Di Bandung dapat 25 Channel yang umumnya sama dengan Siaran TV Analog, hanya beberapa pemancar TV yang memiliki channel lebih dari satu, misalnya TVRI, tetapi isinya yaa sama (duplikasi). Belum ada satupun channel TV Lokal pada siaran TV Digital.

Apakah sudah perlu membeli TV Digital?
Jika TV Analognya masih bagus, tidak perlu beli TV Digital Ready, lebih baik beli Set Top Box (decoder digital to analog) seukuran pocket book seharga Rp 300.000,-. Di internet cukup banyak yang menawarkan dan bisa dikirimkan ke mana pun di Indonesia dengan tambah ongkos kirim belasan hingga puluhan ribu rupiah. Cara pasangnya mirip pasang DVD. Jika hanya punya satu antena, maka perlu splitter agar bisa menonton Siaran TV Analog dan TV Digital.

Jika ingin membeli TV Digital Ready, maka ada beberapa hal yang mungkin perlu diketahui.
Pertama-tama TV Digital/LCD/LED belum tentu TV Digital Ready. TV Digital Ready harus bisa menerima Siaran TV Digital DVB-T2 (biasanya ada stickernya). Saat ini di Indonesia TV yang bisa menerima Siaran TV Digital masih dapat juga menerima Siaran Analog (hybrid). Saat ini ukuran terkecil TV yang bisa menerima Siaran TV Digital masih berukuran 32", sayangnya umumnya belum Full HD, masih HD, atau Full HD dengan upscaling. Yang Full HD (1080p) murni harus 200Hz, bukan 100Hz. Kedua, TV tersebut harus memiliki antenna booster apalagi di daerah yang banyak gedung-gedungnya, boleh jauh dari pemancar TV, asal tidak terhalang gedung. Ketiga, semua TV non-tabung, yang memang tipis, suaranya payah, maka harus cari TV dengan minimum 4 speaker, lebih baik, jika ada soundboxnya. TV Sharp Iooto 32" dengan soundbox speaker dengan kedalaman tak lebih dari 15cm ternyata suaranya biasa saja, walaupun tentunya lebih baik dari yang tanpa memakai soundbox. Yang bagus suaranya, justru Polytron dengan 2 speaker tower masing-masing 3 speaker (tidak memiliki speaker built-in), sayangnya bukan TV Digital Ready.

48 komentar:

  1. Saya baru saja install STB brand Get Me Com HD9. Sayangnya channel yang bisa kami tangkap melalui perangkat itu, hanya 7 channel. Yaitu 2 TVRI, 2 Metro TV, Trans TV, Trans 7 dan Kompas TV. Rumah kami di Bandung Timur, daerah Antapani. Memang antenenya tanpa booster.
    Untuk bisa menangkap hingga 25 channel, apakah perlu tambahan booster untuk antene saya ?

    BalasHapus
  2. Saya tidak tahu anda pakai antena VHF atau UHF. Antena jaman sekarang biasanya sudah mendukung dua-duanya, tetapi antena jenis lama yang untuk analog, memang tidak dapat menangkap semua siaran TV Digital, tetapi di Bandung memang tidak semua siaran TV Digital On Air (kalau di Jakarta ada 35 channel dan semuanya on air). Jadi yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah jenis antenanya, baru kemudian boosternya.

    BalasHapus
  3. Saya tinggal di Bandung daerah Antapani. Saya pakai antenna Imndoor Analog/Digital. Semula bisa menerima siaran digital sekitar 6 channel. Sekarang th 2016 hilang semua. Kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV swasta lokal analog yang kecil-kecil keberatan dengan adanya siaran digital dan mengajukan keberatan atas UU yang mengaturnya ke MA dan PTUN dan mereka menang. Perlu UU yang baru dan diperkirakan akan muncul sekitar 17 Agustus 2016.

      Hapus
  4. Saya tinggal di daerah cimareme padalarang ko yg ketangkap cuma trans,trans7,dan metro gmna ni gan solusinya biar semua stasiun tv ketangkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama-tama yaa harus pakai antena TV Digital. Dan Cimareme kan cukup jauh dari Bandung, jadi bisa saja yang ketangkap cuma beberapa stasiun TV Digital. Prinsip digital itu ada atau tiada or ketangkap atau tidak, jadi tak mungkin ketangkap dengan gambar banyak nyamuk seperti TV Analog.

      Hapus
    2. Sama tidak sesuai dngan harapan

      Hapus
  5. Kalo daerah saya tanjungsari sumedang dapat siaran digital nya hanya metro ada 2 tvri ada 4.saya pake antena tv analog biasa.
    Kalo mau semuanya dapet apa harus ganti antena??
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antena TV Analog dan antena TV Digital, memang beda. Tetapi antena yang sekarang biasanya sudah mencakup keduanya dan itu tertera pada boxnya. Kalau tidak tertera pada boxnya frekuensi berapa saja yang akan didapat, yaa jangan percaya sama penjualnya. Kalau masih memungkinkan, tinggikan dahulu antena lamanya, siapa tahu bisa lebih baik.

      Hapus
  6. Saya di Cililin Bandung Barat, selain Antenna dan lokasi, juga set top box nya pengaruh. Saya punya dua STB yang beda merk. Yang satu made in china dapat 2 channel : metro sama metro hd. Yang satu lagi made in indonesia, dapat 10 channel : +trans hd, trans7, tvri jabar,nasional,3,4, tvri lpm3,inspira,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pasti berbeda, yang penting itu kan frekuensi yang dicakupnya.

      Hapus
  7. Gan apa ada yang sudah coba d bandung selatan, bagaimana hasilnya? Tks

    BalasHapus
  8. Untuk Bandung dan sekitarnya (saya di selatan Majalaya Bdg) sampai juli 2016 ini, siaran TV digital baru tahap siaran percobaan s.d. des 2016 yaitu: Tvri Jabar, tvri nasional, tvri budaya, tvri sport, Inspira TV (sewa mux tvri bdg), metro tv 1 dan 2, trans7, transtv HD. Chanel siaran TVD yg lainnya menyusul. Semua jenis antena bisa menerima uhf rf signal tv asal transmiter stasiun tv tsb kuat & LOS. Diharapkan pd awal 2017 stasiun tv telah siap on air dg sistem digital, sbb pada 2018 tv tv di Indonesia harus mutlak digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan diutak Atik cuma dapet 11 channel hehe,ternyata baru ada segitu ya kang

      Hapus
    2. Gan, untuk Leuwi Dulang Majalaya deket PT Jiale Garment, kira ² sinyal masih bagus ga ?

      Hapus
  9. Mhon share untuk daerah cikadut,deket kolam renang graha melati.di sini untuk analog saja susah..bner 2 susah..apa bisa dg stb jdi lbih baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daerah Cikadut atau daerah yang berbukit-bukit dan daerahnya katakanlah terhalang bukit atau gedung tinggi, maka sebenarnya Analog lebih menjanjikan. Memakai sistem Digital, berarti sebanyak mungkin harus tidak terhalang apapun.

      Hapus
  10. Kalau saya di daerah setiabudi wangunsari dapat 14 chanel hd.tvri nasional,tvri lpm3,lpm2,tvri4,tvri3,trans tv hd,trans 7 hd,persada tv,nusantara tv,metro d,metro,inspira tv,cnn.
    Pake antena uhf dan ga pake set top box.
    Cuma pake tv samsung seri 4300

    BalasHapus
    Balasan
    1. didaerah margaasih, najung, kab bandung dapet 14 channel juga sama kaya diatas dengan alat sbb:
      1. STB-DVB-T2 Polytron
      2. antena model kaya parabola
      kecil / getek
      3. kabel coaxialnya pake rg-6

      Hapus
  11. di daerah tanjungsari sumedang, sy gunakan antena analog PF5000 pakai STB/ DVB T2 dicari-cari singalnya masih belum ada ? apa harus ganti antena nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti antena dg yg PF digital (hdu-19/hdu-25),kabel rg6 c5, saya di jatinangor bisa dpt 14 chanel digital, tanpa booster.
      mungkin utk area bdg dsk, saat ini hnya 14 ch, (note : RCTI/sctv/kompas/tvone/indosiar/antv/net/mnc msh blm ada), klo ada yg sdh dpt bs dishare ya.

      Hapus
  12. Daerah gedebage dpt 15: metro tv 1 dan 2, tvri 1-4, inspiratv, cnn indonesia, nusantara tv, persada tv, badar tv, kompas, trans tv, trans 7. Pk stb polytron antena biasa disimpan di dalam

    BalasHapus
  13. apakah sharp aquos LED memungkin kan untuk d pasang set top box kang.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua TV apakah LED atau TV tabung tentu saja bisa pakai Set Top Box, yang penting harus punya colokan untuk video.

      Hapus
  14. punten di update lagi siaran tv digital di daerah Tanjungsari dsk per Januari 2017

    BalasHapus
  15. BIEN 3 Set Top Box DVB-T2 + antena outdor, di cileunyi bandung timur. 10chanel tp ada yg sama dan sering kehilangan sinyal gambar berhenti

    BalasHapus
  16. Area bandung jl. Pajajaran - 40171,tertangkap 8 channel, metro tv, trans tv, trans 7 hd, tvri, tvri4, tvri lpm2, nusantara tv, inspira tv

    BalasHapus
  17. Net tv yg jernih banget fhd. Daerah bdg garuda rajawali. Cuma pake tv uhd samsung seri ju6400 dapet 14 channel digital. Nunggu siaran 4k uhd kapan ya?

    BalasHapus
  18. Kang kalo di daerah sukaasih atas gmana ya, baru mau beli setupboxna

    BalasHapus
  19. Kang kalo daerah cinunuk (bumi orange) gimana ya? Makasih

    BalasHapus
  20. Gan mau tanya kalo daerah bandung pasirkaliki pake set box tv bisa ga ya,ada chanel nya ga?

    BalasHapus
  21. Saya tinggal di sumedang(sekitaran kota) klo cek di google sudah tersedia siaran tv digital walau baru sebagian siaran tv, namun pas saya mau beli STB kata toko yang jual d Smd belum tersedia. Mohon pencerahan

    BalasHapus
  22. Saya di ds gudang kahuripan lembang dpt 15 chanel,tvri yg banyak.untuk rcti sctv indosiar antv global dan mnc blm ketankep bagaimana agar bs ketankep ya kang???

    BalasHapus
  23. Saya tinggal di daerah soreang dekat kantor kabupaten bandung, apakah sudah layak pake tv digital dan berapa chanel yg dapat ditangkap?

    BalasHapus
  24. Arjasari gk ada sinyal sedih

    BalasHapus
  25. Cara liat daftar chanel di kota kita,liat nya dmna yh gan ada website atau apa gtu

    BalasHapus
  26. Wilayah Sumedang sudah berapa stasiun tv?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi saya di Parakanmuncang (Cimanggung, Sumedang).
      Awalnya cuma dapat TVRI dan Metro. Lalu ubah posisi antena jadi mengarah ke kiblat (atau ke Cileunyi/Manglayang), lumayan nambah channel nih sekarang:
      TVRI: Nasional, Jabar, TVRI Sport HD, TVRI 3, TVRI 4
      MetroTV: SD + HD
      Persada TV
      Inspira TV
      Nusantara TV
      CNN Indonesia HD
      Net HD
      Kompas TV
      TVRI Jabar LPM 2

      Besok2 mau coba naikin ketinggian antena.
      Habis itu pengen pake antena PF HDU 25 plus kabel Kitani 5C (atau yg lebih baik)

      Hapus
  27. pingin beli...tapi takut daerah sumedang lum dapet sinyal. jadi bangke ntar resivernya.bisa di informasikan yg udah coba daerah sumedang (utamanya kec. paseh) haturnuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi saya di Parakanmuncang (Cimanggung, Sumedang).
      Awalnya cuma dapat TVRI dan Metro. Lalu ubah posisi antena jadi mengarah ke kiblat (atau ke Cileunyi/Manglayang), lumayan nambah channel nih sekarang:
      TVRI: Nasional, Jabar, TVRI Sport HD, TVRI 3, TVRI 4
      MetroTV: SD + HD
      Persada TV
      Inspira TV
      Nusantara TV
      CNN Indonesia HD
      Net HD
      Kompas TV
      TVRI Jabar LPM 2

      Besok2 mau coba naikin ketinggian antena.
      Habis itu pengen pake antena PF HDU 25 plus kabel Kitani 5C (atau yg lebih baik)

      Hapus
  28. Saya tinggal di sindangjaya, untuk siaran digital yg ketangkap hanya metro tv (2) saja, sementara yang lain tidak visa ketangkap, tvri ataw yg lain tidak ada, kenapa ya?
    sementara sekarang menggunakan antena digital support (outdoor) dan menggunakan booster (indoor) dengan arah sekitar 280 derajat sekitar arah barat ataw arah sedikit ke dago sepertiny

    BalasHapus
  29. Tolong padalarang chanel nya apa aja

    BalasHapus
  30. Kalo Sekarang di Tanjungsari Bagaimana ya ??
    Apa Udah Banyak Chanel nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmana pak dah ada siaran berapa. saya d tanjungsari juga

      Hapus
  31. Klo disumedang kota alun alun sudah ada chanel apa saja?

    BalasHapus